akhirnya saya mampu menceritakannya

ya memang pada akhirnya semua “rahasia” yang saya simpan mampu saya ceritakan pada seorang kawan yang malam kemarin menemani saya keliling jalan gejayan untuk nyari tempat hias hantaran pernikahan untuk persiapan pernikahan kakakku…

mampir mengisi perut di warung burjo, kami mulai ngobrol seperti biasa, dan awalnya aku hanya menceritakan perasaanku saja menghadapi pernikahan kakakku yang tinggal hitungan bulan. ada perasaan cemburu seorang adik yang sebentar lagi akan “kehilangan” kakaknya…
dan sampai akhirnya kita bercerita tentang keadaan keluarga kita masing-masing.

aku yang kagum pada ketegaran ibunya yang menjadi single parents setelah ditinggal oleh ayahnya karena sakit, ketegaran mereka menghadapi segala kesulitan dan menghadapi intervensi keluarga dari pihak ayah…ya saya kagum dengan mereka…kenapa? karena keluarga ku dulu seperti itu…tabah dan tegar menghadapi segala cobaan, kita percaya akan kekuatan dan nilai sebuah keluarga.

namun, ternyata keluarga tidak sekuat dan sekokoh itu…
orangtuaku menyerah pada konflik yang sengaja ditimbulkan oleh pihak bapakku yang memang dari awal tidak menyetujui pernikahan bapak dan ibuku…
malam mereka lalui dengan bertengkar dan aku harus menyediakan kupingku untuk mendengar adikku menangis ditelepon, karena saat itu aku sudah mendapatkan pekerjaan di ibukota.

akhirnya aku mengambil keputusan untuk berhenti kerja dan menemani adikku dan keluargaku menghadapi cobaan…

aahhh saat menceritakan kisah tentang keluargaku ini entah sudah berapa tetes air mata yang saya coba tahan agar tidak menangis di warung burjo itu….

but thanks so much to my friend who wants to listen my story dan saya menemukan perasaan yang leeeeeeeeeeeeegggggggggggggggaaaaaaaaaaaa sekali lepas dari beban yang tidak pernah saya bagi kepada siapapun……..

Leave a Reply

