aku mau kucing itu bertahan……

2 November 2011,

hari yang sangat melelahkan, setelah kuliah literary criticism, dan rapat potluck party 2011 terakhir (akhirnya bebas dari rapat) saya menuju ke basecamp tercinta; Rumah Natas, karena masih ada rapat persiapan acara launching majalah natas edisi 2011. (saya tiba-tiba galau gara-gara ingat majalah pasti jadi ingat tulisan saya yang belum selesai…toloooonnngggg).

okay, kita mulai saja dari awal hari ini….ada apa dengan awal hari Rabu ini? hmmm…hmmm….hmm….

jadi pagi ini saya mendapat sms dari seseorang, sebut saja namanya Ismail Agung, yang sebenarnya sudah saya nantikan kabarnya sejak peristiwa pesan di facebook yang saya kirim pada hari Senin, 1 November 2011 lalu. saat saya membaca pesannya, saya merasa ada kupu-kupu yang tiba-tiba beterbangan di perutku dan rasanya ingin mengeluarkan semua isi perut yang sensasinya aneh (eeuuuyy kok jadi jijik lebay gini yaa) hahhahaha……. sebenarnya saya sudah siap dengan kemungkinan terburuk..aiihh kalo ingat peristiwa pesan fb itu saya jadi malu sendiri….what the hell i was thinking ’bout? kata-kataku begitu sombong dan angkuh, dan rasanya itu adalah (salah satu) kebodohan yang sudah saya perbuat…..can i take it back?

dalam pesannya itu, Ismail Agung berkata dia akan menghubungiku sore harinya, dan ini sudah sore hari….saya sudah melewati 2 rapat tapi tetap saja tidak ada panggilan masuk dari dia, bahkan sms pun tidak, malah sms dari kantor yang mengingatkan aku tentang kunjungan Hamkke foundation Sabtu besok, dan sms dari koord.panitia bienalle jogja 2012…waaaddooww saya semakin yakin saja bahwa it doesn’t work,  dia sama saja seperti yang lain, yang datang dan pergi dengan gombalannya…..

malam harinya, di  rumah natas, rapat persiapan launching majalah natas dan hp ku lowbat….saya pun meminjam charger milik salah seorang  anggota natas, saat itu saya tidak sadar bahwa Ismail Agung sudah menelpon saya berulang kali karena setting hape-ku silent.  saat itu saya kebetulan melirik ke hape yang mulai kedap-kedip, dan nama Ismail Agung tercantum dalam layar hape saya. wuuuuuaaaahhhhh akhirnyaaaa……..setengah berlari dan juga melompati anak-anak natas yag lagi rapat, saya pun keluar ruangan untuk menjawab panggilannya. dengan gaya sok cool (padahal dagdigdug blendakdlenduk) saya menjawab telponnya..”assalamualaikum..”

kami pun memulai obrolan itu, duuhh kok jadi grogi gak jelas gini yaa….dia menanyakan makna dibalik pesan yang saya kirimkan padanya. saya pun meminta maaf kalo-kalo dia tidak berkenan dan memintanya melupakan pesan yang sudah saya tulis. nada suaranya berubah jadi sangat serius, dan saya tambah grogi….untung aja gak ketemu langsung, kalo ketemu juga pasti saya akan sembunyi dibalik barisan pohon tomat…(gak ngefek juga yaaa).

dia meminta kepastian dari aku apa aku mau mencabut pesan saya itu…dan aku pun berkata “apa yang sudah ditulis tidak dapat ditarik lagi, meskipun saya meminta untuk melupakannya” saat mengatakan itu pun aku harus bertarung dengan sensasi aneh yang ada  di otak, perut (kenapa perut?aku juga gak tau) dan air yang mulai menggenang di ujung mataku.

dan dia bercerita tentang kisah seekor kucing milik salah seorang ilmuwan yang penasaran akan nasib kucing itu jika dimasukkan kedalam labirin, apakah kucing itu akan bertahan? bagaimana kita tahu kucing itu bisa bertahan apa tidak jika kita tidak mencoba memasukkan kucing itu kedalam labirin.

dan dia memutuskan untuk mencobanya, dia dan aku akan mencoba meneruskan hubungan ini

memang ini terlalu cepat, sangat cepat, kita hanya kenal dalam waktu 3 bulan dan itu pun tidak intens, tapi bagi saya pribadi saya ingin mengenalnya lebih dekat, saya tidak ingin menjaga jarak dengannya, saya sudah memilih dirinya untuk menjadi partner dalam rencana-rencanaku…..dengan ‘status’ baru mungkin kami tidak perlu berpura-pura memakai topeng agar terlihat lebih baik…..

…dan aku mau melihat kucing itu bertahan

Leave a Reply

