5 tahun dari sekarang…

seorang kawan bertanya pada saya tentang rencana saya 5 tahun kedepan. njlep…. pertanyaan ini adalah pertanyaan yang tidak pernah saya pikirkan dulu sebelumnya, karena sudah lama saya tidak merencanakan hidup saya, akan jadi apa dan mau apa kedepannya. sudah lama saya tidak menuliskan atau membuat target-target impian saya, lebih tepatnya saat saya harus merelakan apa yang sudah saya rencanakan bersama sang 7 harus luruh, harus kabur, harus terpendam dan hilang seperti debu.

saya tidak menjawab pertanyaannya, hanya diam dan berpikir, memutar kembali otakku, mencari lagi sisa-sisa rencana yang mungkin bisa diselamatkan dari memori otakku. tidak berhasil!! karena semua rencanaku sudah aku buat bersama sang 7 dan ketika kita harus menempuh jalan masing-masing aku masih belum bisa atau lebih tepatnya harus mulai darimana membuat rencana itu. saya merasa kali ini saya memang kehilangan arah, entah kenapa, tapi saya hanya bisa meraba, membuat rencana-rencana kecil dan kemudian rencana itu pun musnah.

saat kembali kekos, saya pun mulai membuka semua catatan-catatan saya, mencari apa yang hilang dan berusaha mendapatkan jawabannya…yang saya temukan hanyalah serpihan-serpihan rencana masa lalu, dan luka itu pun terbuka lagi….damn!!

akhirnya saya memutuskan untuk membuat rencana yang bisa saya buat untuk sekarang ini…..entahlah, saya masih belum bisa….

5 tahun dari sekarang saya sudah mampu mendefinisikan diri saya secara utuh, utuh sebagai saya…. mungkin hanya itu yang mampu saya buat untuk sekarang ini…..

hanya itu….

Leave a Reply

