apalah arti sebuah nama…..

“Perkenalkan nama saya Irine Octavianti Kusuma Wardhanie, biasa dipanggil Irine, Irin, Iren, Ren, Rin ato apa aja asal jangan Sirine ato Tiren…”

begitulah biasanya saya memperkenalkan diri, yep nama yang terlalu panjang dan bagi kebanyakan orang agak susah menyebut nama saya, apalagi dengan logat medok. 

kebanyakan dari teman-teman saya selalu bertanya mengenai nama saya, menurut mereka nama saya merupakan sebuah tanda dari sebuah agama tertentu; Katolik, sehingga banyak dari mereka menganggap saya beragama Katolik… okay karena nama saya seperti sebuah nama baptis, Irine, di agama Katolik nama saya adalah nama seorang santa..

sedikit cerita mengenai St. Irine atau St. Irene. Irene adalah seorang martyr yang memilih untuk tidak menikah demi mendalami ajaran kristen. dia dibaptis oleh Timotius, salah seorang murid Yesus. semasa hidupnya St. Irene selalu mengalami penyiksaan, dari dimasukkan kedalam lubang yang berisi ular berbisa sampai badannya diikat di 4 ekor kuda yang berlari di empat arah yang berbeda, namun kematian seakan enggan memanggilnya. disitulah St. Iren mulai menarik orang-orang kafir agar memeluk agama Kristen dan menyakini Yesus sebagai seorang juru selamat mereka. sampai pada suatu hari St. Iren pergi ke sebuah gua dan menutup pintu masuk gua itu dengan sebuah batu, orang-orang pun penasaran dan kemudian melihat kedalam gua, ternyata mereka menemukan tubuh St. Iren yang terbaring di sudut sebuah gua, dan saat itu mereka meyakini bahwa Irene telah dipanggil oleh Tuhan.

selain itu nama Irine atau Irene adalah nama para dewi-dewi di Yunani yang merujuk pada dewi perdamaian, juga nama sebuah badai; badai Irene yang memporakporandakan salah satu negara bagian di AS pada pertengahan tahun 2011 lalu.

nama saya pernah dibedah-bedah di sebuah grup facebook  yang hobi anggotanya adalah berpetualang mengunjungi candi-candi di Indonesia.nama Irine adalah nama yang berarti kedamaian, octavianti dari kata Octa atau delapan maknanya adalah nada kedelepan, ada juga yang mengartikan ini merujuk pada bulan kesepuluh kalender masehi. Octavianti juga adalah bentuk feminim karena -anti penanda kata feminim. Kusuma adalah bunga sedangkan Wardhanie berasal dari bahasa jawa kuna, ari kata wardha yang memiliki dua arti 1. kasih sayang, cinta, belas kasih. 2. pawang; makna pawang dipakai oleh Raden Wijaya dalam gelarnya Rajasa Kerthawardhana 🙂

kesimpulan dari pembedahan nama saya adalah : Irine, perempuan yang menjalani bulan oktober sebagai pawang bunga…

kalau menurut orang tua saya, nama Irine adalah pemberian dari dokter yang membantu persalinan ibu saat akan melahirkan saya didunia, pak dokter yang berasal dari negeri Belanda itu memberi nama Irine karena selain sangat ingin memiliki anak perempuan, dia melihat saya seolah tersenyum diantara tangisan yang saya keluarkan saat baru hadir di muka bumi. nama Irine juga berarti Pelangi..makanya saya suka hujan dan pelangi 😛

Octavianti, karena saya lahir di bulan oktober, dan juga karena terinspirasi dari kebesaran kaisar Octavianus yang memerintah Romawi.

Kusuma, iya artinya bunga…dan Wardhanie, nama salah satu ratu di masa kerajaan Majapahit.

naahh saya paling sebel ya kalau nama saya udah diartikan dalam bahasa Jawa, karena artinya jelek sekali… Irine = Iri hati…haakkdeeesss…..bukan ituuuuu…padahal arti nama saya bagus lhoooo….

nama saya pun sering bermasalah, di Akta, Sertifikat, Ijazah dan sebagainya pasti beda-beda…aahh sebel dan ribet ngurusnya. tapi yaa nasib, begitlah kalau punya nama bagus hahahhaha….

apapun itu, nama adalah bagian dari identitas kita, ada doa dan harapan dibalik nama, bahkan beban juga lhoo…kalo kata Shakespeare sih apalah arti sebuah nama…yep apapun arti nama kita, itu adalah identitas yang akan kita bawa seumur hidup, karena ada harapan terselip bahkan di nama yang paling sederhana sekalipu. tidak ada nama yang jelek atau kampungan…karena nama tetaplah nama…

jadi, hayoo cari makna namamu….

Advertisements

2 Comments

  1. Apalah arti sebuah nama jika kita tidak dapat menikmati hidup ini walaupun nama kita bagus bila tidak dapat menikmati kehidupan arti dari namaku sih bagus andi arham yang andi nama orang paling diagungkan atau bisa dibilang raja arti arham yang diambil dari arab orang yang berbakat bermain bola ada yang bilang norak saya gak peduli ada yang bilang lebay saya gak peduli saya cuma bis berkata emang gue fikirin

  2. hahahhaha……
    suka deh, gak usah emang peduli apa kata orang, gak mungkin orang tua ngasih nama jelek..jelek itu relatif khan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s