Hari Anak Jalanan Internasional

12 April 2012 diperingati sebagai hari Anak Jalanan Internasional.

dibenak saya, anak jalanan adalah anak-anak yang (harus) menghabiskan hidupnya di jalanan, bertarung dengan keganasan malam dan tidak memiliki perlindungan bahkan hak atas diri mereka. ada nilai-nilai materi dalam diri mereka yang menguntungkan sebagian pihak.

pada tahun 2008 saya berkenalan dengan sebuah komunitas di jakarta namanya sahabat anak, sebuah komunitas yang fokus pada pemberdayaan dan perlindungan hak-hak anak terutama anak jalanan. perkenalan saya dengan kawan-kawan di komunitas anak adalah sebuah titik awal saya memahami tentang dunia anak yang tidak pernah lepas dari kekerasan dan pelecehan terutama anak jalanan.

anak jalanan? iih apa sih?

kesan sangar, nakal, liar dan gahar itu sirna saat saya berkenalan dengan sebagian anak-anak jalanan yang saat itu mengikuti bimbingan belajar yang diampu oleh beberapa orang volunter. mereka; anak-anak jalanan sama saja seperti anak-anak lain, sayang mereka tidak bisa memilih untuk menikmati dunia kanak-kanak mereka. mereka harus hidup di kerasnya jalanan, mencari uang dan bersentuhan dengan tindak kekerasan.

ada seorang anak kecil yang usianya sekitar 13 tahun dan telah mengalami pelecehan seksual, ada juga seorang anak yang seluruh badannya dipenuhi bekas luka bakar dan lebam. itu baru sebagian kecil, masih banyak lagi kekerasan yang dialami oleh anak-anak, perdagangan anak dan juga eksploitasi anak. sayang hukum bahkan belum bisa tegas melindungi makhluk kecil yang tidak berdaya itu…

bagi sebagian besar orang menganggap bahwa anak jalanan haruslah diasingkan, sikap liar mereka dan kenakalan mereka tidak dapat ditolerir oleh norma-norma sosial yang diciptakan oleh masyarakat yang memberi jurang pemisah antara konsep baik dan buruk. tidak sedikit yang mencomooh, padahal jika ditilik lagi mereka yang hidup dijalan adalah anak-anak yang tidak memiliki pilihan dan kuasa atas diri mereka. mereka adalah korban dari sebuah sistem pembodohan hukum.

kenapa harus ada hari anak jalanan internasional?

karena masih banyak anak-anak yang hidup dan harus bertahan hidup di jalanan, jalanan bukanlah tempat  yang layak bagi anak-anak, dan itu bukan pilihan tapi keterpaksaan. masih ada ratusan ribu anak yang harus hidup di jalanan dan menjadi korban dari sebuah sistem sosial yang tidak bisa melindungi anak-anak. 12 April adalah sebuah momentum, momen untuk mengingat bahwa ada jiwa-jiwa rapuh yang juga ingin hidup layak dan memiliki hak atas diri mereka…..

silahkan baca dan download link dibawah ini. sebuah penjelasan tentang hak anak yang harusnya bisa didapat oleh semua anak di negara ini.

hak anak Indonesia

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s