karena (ini) saya tidak berdoa

bagaimana cara berdoa?

haruskah aku menengadahkan tangan atau melipatnya dan menangkupkannya depan dada? kemudian haruskah mataku terpejam dan merapal rangakaian-rangkaian kata dalam bahasa yang biasa?

apa kabarMu? lama aku tak berbincang denganMu…aku selalu menyapa pagi, menegur hujan dan mengutuk siang yang terik, tapi aku tak pernah menyapaMu lagi…sibukkah Kau?

seminggu yang lalu aku mendengar lantunan doa terucap dari bibir yang renta, beberapa hari kemarin aku melihat cahaya dan senyum syukur dari orang yang menerima tanganku….

doa-doa meluncur bagai rentetan kata yang bahkan tak sanggup kuingat…..

apa aku masih harus berdoa? sedang orang-orang sudah mendoakan aku, apa aku masih harus berdoa sedang orang lain pun sedang berdoa?

mampukah Kamu mendengar doa-doa mereka? doa-doa yang diucapkan dalam berbagai bahasa? bagaimana Kau membagi pendengaranMu? aahh bodoh, langit tidak tuli, aku yakin kamu pasti mendengar doa-doa mereka

aku tidak berdoa, bukan tak ingin, hanya saja aku tak ingin membebani langit dan singgasanaMu dengan doa-doaku….bukankah aku akan menjadi orang paling egois karena berdoa itu selalu meminta…dan aku tak ingin meminta

sudah banyak yang berdoa, dan aku selalu mendengar bagaimana mereka berdoa, aku pun turut dalam doa itu…namaku..aahh bukan sekedar nama ttapi diriku pun didoakan, jadi apa perlu aku berdoa?

 
Apa kabar Tuhan?
Lama kita tak berbincang,
aku rindu padaMu Tuhan, rindu untuk berbincang
apakah bisa kita berbincang berdua saja?
 
apa kabar Tuhan, maaf aku tidak berdoa
karena mereka sudah berdoa, dan aku hanya ingin berbincang…
Leave a Reply

