catatan refleksi : “jangan lari Ren!”

“jangan lari dek… hidup itu untuk dijalani, bukan untuk berlari”

yaa….saya adalah tipikal orang yang sering “melarikan diri” tidak memiliki keberanian untuk menghadapi masalah, dan berpura-pura semua akan baik-baik saja…..entah darimana kekerdilan itu muncul, pengecut..ya saya pengecut….

“saya sedang tidak ingin berpikir mas…” ujar saya pada seorang kawan yang selama ini selalu menemani saya. bisa dibilang saya belajar banyak tentang hidup dari dirinya, tentang berjalan dan menikmati setiap perjalanan……

suatu hari saya harus menghadapinya, menghadapi kekerdilan hati dan kepengecutan diri….tidak ada jalan karena semua sudah tertutup, jangan tinggalkan tanya karena itu adalah beban yang akan ditanggung seumur hidup….

dan memang saya harus menghadapinya….dan ternyata tidak seburuk yang saya bayangkan, seringnya kita meminta orang lain mengerti keadaan kita, tapi apakah kita bisa mengerti keadaan mereka?

“dek, jadilah gadis yang menarik, yang selalu tersenyum dan menatap dengan antusias, karena aku suka dirimu yang seperti itu” ucapnya dimalam saat dia mengantarku pulang…..

mas, hari ini aku menghadapinya, menghadapi rasa kerdil dan pengecutku…kamu berkata jangan lari, dan hari ini aku tidak lari mas, karena ada yang meneriakiku “jangan lari Ren…..mas, aku sudah bisa menghadapinya meski keadaan tidak 100 persen berubah, namun setidaknya merasa beban itu lebih ringan. 

hidup untuk dijalani bukan untuk berlari, karena saat berjalan saat itulah kita bisa benar-benar menikmati hidup, melihat apa yang terlewat dan mengambil kesempatan dalam setiap langkah…jika berlari kita akan banyak kehilangan, kehilangan dan tenggelam dalam kekerdilan diri.

Jangan lari Ren……

Leave a Reply

