satu buku untuk Indonesia #PrayForSoreang

hujan tak selalu datang dengan berkah, kadang hujan marah dan seringnya mengamuk-menghancurkan….

minggu malam saya (19/11) saya masih berkutat dengan tugas dan mulai teler sehingga akhirnya memutuskan untuk menjelajah dunia maya saja…

dari social media saya tau Palestina baru saja di serang oleh Israel, juga saya tau ada banjir dan tanah longsor yang melanda sebuah kota (kota apa desa ya?) di Soreang, Bandung-Jawa Barat. linimasa pun menjadi ramai dengan hashtag #PrayForPalestine dan #PrayForSoreang, saya pun turut serta meramaikannya dengan re-tweet aja…

ternyata banjir dan tanah longsor di Soreang gak main-main….dan memang banjir gak pernah main-main bukan? sayangnya media tidak mengangkat banjir tersebut dengan heboh, agak sedikit heran juga sih, dibandingkan bencana letusan merapi kok beritanya heboh banget dan (memang) terkesan dilebih-lebihkan. yang bikin saya agak heran juga rame-rame orang berdoa dan mengumpulkan donasi untuk warga Palestina sampai ada sekolahan yang ngajak muridnya demo anti Israel…tapi untuk Soreang kok agak kurang ya? eh ini persepsi saya aja lho ya, soalnya yang jadi headline berita Palestina terus, tapi bencana yang paling dekat dan menimpa sodara kita malah jadi berita sepintas lalu aja….bukan berarti Soreang tidak ada yang membantu, saya yakin ada cumaaaa…..yaa itu….ya..gitu deh….

lalu seorang kawan pun menginformasikan kondisi di Soreang, dan saya meneruskan informasi itu ke komunitas 1buku yang baru saja merayakan ulangtahun pertamanya tanggal 11 November lalu….

….yeay…1Buku sekarang sedang asyik mengumpulkan buku pelajaran, buku cerita, mainan anak, perlengkapan sekolah dan seragam sekolah untuk adik-adik di Soreang, dan rencananya 1Buku akan menggandeng komunitas-komunitas yang ada di Jogja untuk terlibat dalam pengumpulan bantuan yang akan dikirim ke Soreang.

buat teman-teman yang mau membantu donasi barang-barang yang sudah saya sebutkan sebelumnya bisa dikirim ke alamat basecamp 1buku di Prawirodirjan GM II 417 Gondomanan Yogyakarta 55121. telp: 0819-0390-6535. untuk yang di wilayah Jogja, tim 1buku siap menjemput barang yang akan didonasikan.

seperti yang selalu saya ucapkan “Pray for Palestine boleh-lah tapi jangan lupa Pray For Soreang, tidak sekedar berdoa tapi juga bergerak untuk membantu” 

cukup satu orang satu buku, maka senyum adik-adik di Soreang jadi penawar atas duka akibat bencana alam yang menimpa mereka….

satu orang satu buku….salam 1buku…

Leave a Reply

