dan apa yang sudah dipersatukan oleh Tuhan tidak dapat dipisahkan oleh manusia

untuk Kezia,

lonceng gereja berdentang seiring kalimat janji yang dipanjatkan atas nama Tuhan untuk selalu bersama dalam suka dan duka, dalam miskin dan kaya, dalam sakit dan sehat. 

Sore tadi saya datang ke sebuah gereja dekat tempat saya bekerja, bukan untuk mengikuti misa (karena memang agama saya mengajarkan saya berdoa dengan cara lain) melainkan untuk ‘menghadiri’ pernikahan sahabat saya, ya sore ini sahabat saya menikah. Ya Tuhan dia cantik sekali, dalam balutan busana yang benar-benar membuatnya sempurna. langkah kakinya mantap menuju altar, menuju tempat dimana dia akan ditasbihkan sebagai seorang istri, seorang pendamping hidup dari laki-laki pilihannya. 

Lonceng gereja berdentang, mengantarkan ingatan ke masa kanak-kanak saya di sebuah kota kecil di di pulau sulawesi. masa kanak-kanak yang sekarang hanya sekedar onggokan kenangan. terlalu banyak kenangan yang bermain di kepala saya sejak pagi tadi, sejak mendengar suaranya yang menghubungi saya, suara yang……suara seorang perempuan yang tumbuh bersama saya di kota kecil, suara seorang perempuan yang akan melengkapi satu tahap dalam hidupnya….suara seorang perempuan; sahabat saya.

Pastor pun memimpin pemberkatan pernikahan:

…..bersama dalam suka dan duka, dalam sakit dan sehat, dalam kaya dan miskin…..

“…..dan apa yang telah dipersatukan oleh Tuhan tidak dapat dipisahkan oleh manusia” ucap pastor menutup pemberkatan pernikahan yang indah dan khidmat itu.

Lonceng gereja berdentang, lantunan lagu-lagu indah nan merdu mengawali perjalanan sahabat saya melangkahkan kaki keluar dari gereja, menapaki kehidupan baru dalam hidupnya…

Lonceng gereja berdentang, saya duduk sendiri di bangku gereja kecil ini, menghitung detik-detik yang berjarak; mengantarkan doa bagi pernikahan sahabat saya di kampung halaman. saya yang terkurung jarak mencoba menyusun tiap-tiap adegan pernikahan sahabat yang tidak bisa saya hadiri. 

Lonceng gereja berdentang; selamat berbahagia sahabatku…

Jogjakarta, 16 Agustus 2013

 

 

Leave a Reply

