jika kau berjumpa sepi…

jika sepi datang, katakan padanya saya sudah pindah, kunci pun kubawa serta agar dia tidak bisa masuk… (Jay and Gatrawardya)

hari ini, jika hari ini kau berjumpa dengan sepi yang terburu-buru datang, tolong katakan padanya bahwa saya sedang berkemas; mengemasi segala hal tentang ingatan – ingatan yang harus segera dikemas sebelum luruh dalam lupa.

katakan pada sepi, tak ada siapapun disini, tak ada siapapun bahkan apapun yang bisa duduk menemaninya berbincang tentang waktu yang mundur, waktu yang mengawang-awang dalam pengandaian.

jika sore nanti kau berjumpa dengan sepi, katakan padanya ada senja yang ingin lekas disapa sebelum menyerah pada gelap. senja yang sudah berjalan terlalu jauh, saya ingin sekedar mencoba merebut merahnya.

katakan pada sepi, ketika kau berjumpa dengannya di simpang jalan; bahwa jika pun dia datang yang ditemuinya hanya lengkung senyum yang tak berubah dari dulu, dari waktu saya harus mengemas ingatan dan menyimpan kenangan.

katakan pada sepi, datang saja jika dia mau, mungkin saya masih sibuk memilih hal-hal yang patut untuk dilupakan, hal-hal yang akan saya ingat, segala hal yang terlalu banyak lahir dari detik-detik waktu.

jika kau berjumpa dengan sepi katakan saya akan terlalu sibuk mengulur rindu.

 

Leave a Reply

