Ketika hidup di seputaran itu saja, waktunya untuk berlari lebih kencang lagi

“jangan jadi robot dong, kerjakan apa yang kamu suka, dengan alasan apapun..” 
malam kemarin saya dan kawan-kawan menghadiri acara solidaritas #1oo hari perlawanan petani Rembang, yang diadakan di sebuah warung kopi kecil dan sederhana. Acara yang digagas oleh kawan-kawan FKMA (Forum Komunikasi Masyarakat Agraris) ini memang rutin diselenggarakan agar terus menumbuhkan semangat solidaritas dan perlawanan dari segala bentuk perampasan hak hidup – yang bukan cuma dialami oleh petani tapi juga masyarakat yang tidak memiliki kuasa melawan kapitalis.

Acara ini bagi saya adalah acara ‘reunian’ berkala, dimana saya bisa bertemu dengan kawan-kawan yang tetap gigih berada di jalur yang mereka pilih, terlibat langsung – sedang saya? sibuk dengan ‘rutinitas’ kelas menengah yang kerja – pulang – nongkrong.

bertemu dengan kawan-kawan saya, mendengerkan perjuangan mereka, guyonan yang sangat saya rindukan hingga akhirnya sebuah kalimat sentilan yang keluar dari mulut kawan saya; Oben, membuat saya harus bangun, kembali mengejar apa yang harusnya saya lakukan.

jangan jadi robot dong, kerjakan apa yang kamu suka, dengan alasan apapun..

kadang, kita memang harus menyerah, untuk sementara tentu saja; kemudian menyusun lagi apa-apa yang harus kita lakukan demi meraih apa yang kita impikan. berkorban tentu saja, tapi itu harga yang pantas untuk menjadi “AKU” yang sejatinya kita sendiri yang menentukan.

malam ini, saya merapikan banyak hal, menabung untuk membeli ‘tiket’ yang akan mengantarkan saya kesebuah tujuan, mungkin perjalanan tidak akan mulus, mungkin akan sedikit terlambat, mungkin tidak pernah sampai..tapi itu hanya kemungkinan.

saya hanya harus berdiri lebih tegak, berlari lebih kencang…………

IMG_20140304_164329

jadi,….apa mau jadi robot?

Leave a Reply

