menjengkelkan

pagi tadi saya menunggu kedatangan bus transjakarta hampir lebih dari 1 jam. okay tepatnya 1 jam lebih 28 menit, sebelum akhirnya saya memutuskan menggunakan kopaja, yang berarti harus mengeluarkan sejumlah biaya lain, termasuk ojek karena kopaja tidak melewati jalur kantor.

ini bukan kali pertama saya merasa jengkel dengan transjakarta. pernah saya sudah hampir menangis saat harus menghabiskan lebih dari 3 jam bepergian menggunakan transjakarta, padahal saat itu saya harus bertemu dengan salah seorang narasumber. akhirnya ojek pun jadi pilihan.

transjakarta memang salah moda transportasi yang (dianggap) bisa menyelesaikan masalah kemacetan di Jakarta. sayangnya tidak. selain tidak tepat waktu (yang menurut pihak Transjakarta akibat jumlah armada yang sedikit), juga karena banyaknya jumlah penumpang (ya ini ujung-ujungnya karena jumlah armada juga).

meskipun sudah menyediakan waktu yang cukup (bahkan amat panjang) dengan harapan naik transjakarta bisa tepat waktu, satu hal yang pasti, jangan pernah berharap. hal ini sama saja menunggu mantan untuk datang dan mengajak balikan. mustahil!

selain itu, masalah tiket yang saat ini sudah menggunakan e-ticketing. pengguna transjakarta harus memiliki kartu dari salah satu bank penerbit dengan nilai tertentu. nominal sebesar empat puluh ribu, dengan rincian dua puluh ribu sebagai biaya pengganti kartu, dan sisanya sebagai saldo yang bisa digunakan saat hendak menggunakan jasa transjakarta.

saya, yang pernah ketinggalan kartu e-ticketing, terpaksa harus membeli lagi kartu baru. tidak ada pilihan, karena jalur saat itu tidak dilalui oleh kopaja atau metromini. transjakarta tidak menyediakan tiket sekali jalan, seperti commuter line. akhirnya saya merelakan uang yang tinggal selembar didompet untuk beli (lagi) kartu e-ticket itu. sial!

jadi…inilah Jakarta, dengan segala ketidakramahannya. so…siapa suruh datang Jakarta

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s