Puasa Tahun Ini…

Bagi saya, puasa tahun ini sangat ‘istimewa’. Yang pertama, tahun ini merupakan kali pertama saya berpuasa jauh dari rumah. Jauh dalam arti benar-benar jauh, bukan hanya beda kota, tapi beda negara dan beda waktu. Saat ini saya berada di terusan Suez. Terusan yang dulu hanya bisa saya ketahui melalui buku sejarah.

Istimewa yang kedua masih ada hubungannya dengan keistimewaan yang pertama. Keberadaan saya di terusan Suez karena meliput pelayaran KRI Banjarmasin 592 yang melakukan ekspedisi Kartika Jala Krida 2015. Ekspedisi yang diadakan tiap tahun bagi para taruna Akademi Angkatan Laut, kali ini mengelilingi 3 benua (Asia, Afrika, dan Eropa) dan 6 Negara (India, Djibouti, Mesir, Italia, Jeddah, dan Pakistan), selama kurang lebih 3 bulan.

 

Sebenarnya, jarak ataupun lamanya perjalanan bukan masalah. Namun yang jadi masalah adalah masalah sinyal. Kadang saat saya bosan ataupun ingin sekali mengetahui kabar keluarga atau teman-teman, saya harus bersabar hingga berlabuh dan mendapat sim card lokal.

Tapi, disitulah istimewa (yang ketiga). Karena saya belajar untuk berpikir positif. Dengan keterbatasan komunikasi, membuat saya selalu bertanya-tanya apakah keadaan orang tua saya baik-baik saja? bagaimana dengan adik-adik saya? kakak saya? Dari sini saya belajar untuk sabar menunggu hingga kapal berlabuh dan bisa menghubungi keluarga dirumah. Hal yang sangat jarang saya lakukan dulunya.

Jadi…selamat puasa….jangan lupa hubungi keluarga atau orang yang kalian sayangi, karena rindu itu membelenggu, percayalah…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s